Tiga kunci utama cara menambah berat badan (Gain Mass) untuk mendapatkan berat badan ideal serta tubuh yang atletis secara cepat dan sehat:
  1. Nutrisi
  2. Latihan atau Olahraga
  3. Istirahat

1. Makan lebih sering (2 – 3 jam sekali).
  • Makan lebih sering merupakan cara untuk menambahkan asupan kalori harian Anda. Tambahkan 2 sajian L-Men Gain Mass dalam menu harian Anda untuk menaikkan asupan kalori Anda sebesar ± 500 kalori.
2. Kombinasikan protein, karbohidrat, dan serat.
  • Protein merupakan bahan baku untuk membentuk otot. Makanan tinggi protein dibutuhkan untuk perkembangan otot yang secara otomatis akan menaikkan berat badan Anda dan terbentuknya tubuh yang atletis ideal. Pilih makanan tinggi protein dan rendah lemak untuk membentuk otot yang lebih kering. Contoh: putih telur, ikan, dada ayam, susu rendah lemak, dll.
  • Karbohidrat merupakan sumber energi yang diperlukan saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari dan juga saat Anda latihan atau olahraga. Pilih karbohidrat kompleks (seperti nasi merah atau roti gandum utuh) dibandingkan dengan karbohidrat sederhana (seperti nasi putih, roti putih, gula, kue-kue, dll). Karbohidrat sederhana (seperti nasi putih, roti putih, gula, kue-kue, dll) apabila berlebih dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak. Karbohidrat kompleks dicerna perlahan oleh tubuh sehingga dapat menyediakan energi yang lebih lama.
  • Sayur dan buah merupakan sumber serat sekaligus sumber vitamin dan mineral yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kebugaran tubuh.


Latihan atau Olahraga Teratur

  • Fitness merupakan salah satu pilihan aktivitas olahraga yang dapat Anda lakukan. Latihan secara tepat dan teratur (4 hari/minggu) diperlukan untuk membentuk otot yang berujung pada bertambahnya berat badan dan terbentuknya tubuh yang atletis ideal.
  • Ada dua jenis latihan yang dapat dilakukan, yaitu latihan kardio dan latihan beban (weight training). Untuk menambah berat badan secara cepat dan sehat, berikan porsi latihan beban yang lebih banyak daripada latihan kardio.