Profesinya sebagai seorang model menuntutnya untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tak puas dengan tubuh yang masih “berlemak” plus perut buncit yang mengganggu penampilannya, diet dan latihan intensif pun ia jalani untuk mewujudkan mimpinya meraih tubuh ideal.
Jika melihat sosok Amel sekarang, siapa sangka bahwa remaja berusia 19 tahun ini ternyata sempat punya postur tubuh yang agak gemuk, chubby, dan perut buncit? Namun dengan niat kuat dan usaha keras, akhirnya Amel pun berhasil meraih pencapaian yang paling membuat dirinya bangga yaitu berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 8 kilogram dalam waktu 3 minggu saja!
Yang lebih mengesankan lagi, Amel berhasil turun sebanyak itu bukan dengan diet ngawur dan ikut-ikutan tren diet yang menjamin berat badan bisa turun drastis. Keberhasilan Amel untuk menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut dan membentuk tubuh kencang dan ideal ini semata-mata diraihnya melalui cara yang sehat dan tepat, yaitu disiplin dalam diet dan latihan teratur.
Sebelum mengenal diet sehat, pemilik nama lengkap Amelia Liiuchay ini memang sudah lebih dulu mengenal dunia fitnes. Awalnya Amel sempat berpikir bahwa fitnes saja sudah cukup untuk membentuk tubuh, tidak perlu diet. Akhirnya, berkat dukungan dari orang-orang di sekitarnya serta bimbingan dari Erwin Santoso, Amel pun menyadari bahwa ternyata selain fitnes, pola makan juga sangat berpengaruh pada hasil dietnya.
Circuit Training & Super Set
Dalam 22 hari menjalani program pembentukan tubuhnya, Amel menjalani latihan sebanyak 2 kali dalam sehari. Setiap pagi setelah bangun tidur, Amel memulai harinya dengan melakukan circuit training yang terdiri dari 5 gerakan yaitu squat, triceps dips, squat thrust, push up, dan jumping jack. Circuit training ini dilakukan masing-masing 45 repetisi sebanyak 3 set.
Di sore harinya, penggemar warna ungu tua ini kembali berlatih dengan durasi 1 jam yang terdiri dari 30 menit latihan beban ditambah dengan 30 menit latihan kardio (treadmill) untuk membakar lemak tubuhnya. Metode latihan beban Amel adalah Super Set, latihan yang melatih 2 otot sekaligus dalam 1 set yang sama, misalnya chest dengan back, kemudian keesokan harinya legs dengan shoulder, dilanjutkan dengan bicep dan tricep, dan seterusnya. Setiap selesai berlatih beban ini, Amel mengakhirinya dengan latihan kardio, termasuk dengan menggunakan metode HIIT (High Intensity Interval Training) sebanyak 2 kali seminggu. Selain fitnes, Amel ternyata juga menggemari olahraga Thai Boxing, yang juga turut berperan untuk menunjang proses pembentukan tubuhnya.
Oatmeal, Sayuran, dan Dada Ayam
Demi mendapatkan tubuh ideal idamannya, Amel pun mulai menerapkan pola makan sehat, yaitu dengan makan ‘bersih’, di mana ia hanya makan makanan sehat seperti memperbanyak makan buah dan sayur, dada ayam kukus, serta menghindari gorengan dan makanan manis ataupun yang berlemak.
Selama 3 hari pertama menjalani dietnya, Amel mengonsumsi 2-3 sendok makan oatmeal tiap 3-4 jam sekali, ditambah sedikit dada ayam pada menu makan siang dan malamnya. Selanjutnya, Amel mulai meningkatkan asupan proteinnya, dengan mengonsumsi dada ayam sebanyak 200-300 gram dalam sehari, ditambah dengan oatmeal serta sayuran (wortel, brokoli, tomat, dan kecambah) untuk sumber karbohidrat baiknya.
Suplemen untuk Mengoptimalkan Hasil Dietnya
Selain mengatur pola makan dan berlatih teratur, Amel juga menambahkan suplemen untuk membantu mengoptimalkan hasil dietnya. Iso Cool dipilih Amel untuk membantu memenuhi kebutuhan proteinnya setiap hari untuk membentuk otot tanpa menambah lemak ke dalam tubuhnya, serta mempercepat pemulihan setelah latihan intensif yang dijalaninya. Amel mengonsumsi 1 scoop Iso Cool setelah latihan beban. Sedangkan untuk membantu membakar lemak lebih banyak dan memberinya tambahan energi dan stamina saat berlatih, Amel menggunakan pembakar lemak Ultra Ripped Fast Acting Formula, yang dikonsumsinya sebanyak 2 kapsul setiap sebelum latihan pagi dan sore.
Dengan apa yang telah dicapainya sekarang, Amel tidak berpuas diri sampai di sini dan terus berlatih dan berdiet. Target Amel selanjutnya adalah untuk membentuk tubuhnya menjadi lebih kencang serta membentuk otot bebas lemak agar tubuhnya makin seksi.
Bagi para pembaca DuniaFitnes.com, Amel berpesan, “Keberhasilan berasal dari niat yang teguh dan usaha keras. Ingat bahwa suatu keberhasilan berasal dari proses yang sulit!” Nah, ingin meraih keberhasilan seperti Amel? Ikuti pesannya, jaga pola makan, dan olahraga teratur!
Semoga kisah Amel dapat menginspirasi kita semua untuk menerapkan pola diet sehat untuk menurunkan berat badan, memangkas lemak berlebih di tubuh, mengecilkan perut, dan akhirnya mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diidamkan!