Pada saat seseorang memutuskan untuk melakukan sesuatu tentang program menurunkan berat badan. Ada beberapa langkah yang menjadi kunci sukses untuk menjalankan program menurunkan berat badan, yaitu :
  1. Diet adalah salah satu yang harus di tempuh untuk menjalankan program menurunkan berat badan. Karena diet merupakan kunci pertama yang harus dijalankan, bagaimana tubuh seseorang dibiasakan dengan pola makan yang teratur, pola makan yang sehat, memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan yang bisa menurunkan berat badan yang banyak mengandung serat, rendah lemak, banyak mengandung vitamin, rendah gula, rendah kalori tetapi tetap energik dan sehat.
  2. Olah raga, merupakan kunci sukses yang harus diutamakan juga. Berbagai bentuk olah raga bisa dilakukan mulai dengan jalan kaki, jogging, aerobik, senam, atau pergi nge-Gym yang bisa dilakukan tiap hari selama 30-60 menit, atau seminggu 3 kali selama 60-90 menit. Karena dengan nelakukan olah raga dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh akibat dari pola makan yang tidak teratur dan akibat dari mengkonsumsi lemak terlalu banyak. Dan dengan melakukan olah raga dapat membuat tubuh semakin segar dan sehat. Sehingga program menurunkan berat badan dapat dicapai dengan optimal.
  3. Selain diet dan olahraga ada hal penting yang harus diperhatikan juga yaitu dengan mengidentifikasi sikap dan perilaku pada kebiasaan makan. Penting untuk mengenali apa yang mendorong kebiasaan makan karena hal ini akan membuat perubahan-perubahan untuk mencapai kesuksesan dalam program menurunkan berat badan secara permanen.
  4. Menyesuaikan kebiasaan makan dengan melakukan perubahan secara sederhana namun konsisten untuk rutinitas harian, hal ini harus dilakukan secara bertahap agar kondisi tubuh tidak mengalami trauma atas perubahan yang dilakukan. Kemudia mengevaluasi kembali gaya hidup untuk  menangani dan mengendalikan kebiasaan makan. Dengan demikian akan sangat membantu  peluang untuk menjalankan program menurunkan berat badan sehingga tercapai tujuan jangka panjang.
Jika hal-hal tersebut bisa dijalankan dengan baik dan konsisten, maka program untuk menurunkan berat badan akan tercapai. Selain itu juga tubuh lebih sehat dan bugar.