Tahukah Anda bahwa bangun tidur di pagi hari bukan hanya mendukung pepatah lama yang mengatakan bahwa jika bangun siang, maka rezeki akan didahului oleh ayam, melainkan juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan.
manfaat bangun pagi
Berikut ini kami akan membagikan informasi seputar manfaat bangun pagi bagi kesehatan, diantaranya :
1. Kebutuhan oksigen dan nutrisi tubuh di pagi hari terpenuhi
            Menghirup udara segar di pagi hari membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen. Kualitas oksigen yang baik akan memaksimalkan fungsi kerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Jika ditambah sarapan pagi dengan menu yang seimbang, maka tubuh akan mendapatkan nutrisi yang baik sebagai modal energi seharian.
2. Memperoleh manfaat baik dari sinar matahari di pagi hari
            Bangun pagi berarti memberikan kesempatan pada tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang baik bagi tulang. Berjemur di bawah paparan inar matahari sebelum jam 9 pagi terbukti dapat meningkatkan kesehatan tulang.
3. Memberikan ketenangan fikiran
            Bangun pagi dengan tidur cukup di malam hari terbukti dapat membantu mengoptimalkan kerja otak. Bangun di pagi hari dapat membuat kerja otak lebih tenang dan tentu saja memberikan hasil yang maksimal.
4. Bahagia
            Berbagai penelitian membuktikan bahwa bangun pagi baik untuk kesehatan, membuat massa tubuh dan tulang ideal serta mampu membuat orang lebih bahagia dengan mood yang baik.
Agar manfaat bangun pagi bagi kesehatan dapat Anda rasakan, berikut ini kami akan membagikan tips mudah bangun pagi bagi Anda yang merasa susah bangun tidur di pagi hari, diantaranya adalah :
1. Minum air putih
            Dua gelas air putih di pagi hari akan memberikan kesegaran yang cukup untuk membantu bangun pagi.
2. Melakukan peregangan secara perlahan
            Setelah minum, sebaiknya Anda melakukan peregangan secara perlahan seperti senam yoga untuk membantu tubuh mengumpulkan energi kembali dan membuat fikiran lebih fokus.
3. Bergerak Dan Olahraga ringan
            Setelah energi terkumpul, maka dapat dilanjutkan dengan bergerak dan olahraga ringan. Cara ini sangat efektif untuk mengusir ngantuk yang berlebih.
4. Mandi
            Tips berikutnya tentu saja mandi. Agar lebih segar, maka Anda dapat mandi dengan air hangat. Dengan demikian Anda akan terhindar dari kedinginan.
5. Sarapan Pagi
            Setelah mandi, maka sarapan pagi akan membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi untuk menghindari lemas, lelah dan loyo serta lesu seharian.
Demikian tips mudah bangun pagi agar Anda bisa merasakan betapa besar manfaat bagun pagi bagi kesehatan.