Mereka yang berfikir sarapan akan membuat tubuh gemuk justru salah. Beberapa riset membuktikan bahwa mereka yang teratur sarapan pagi justru terhindar dari kegemukan. Mengapa demikian? Anda akan menemukan jawabannya dengan membaca artikel manfaat sarapan pagi di bawah ini.
manfaat sarapan pagi
Berikut ini adalah beberapa manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh, diantarnya adalah :
1. Sarapan membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan
            Menunda sarapan pagi berarti menunda nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hasilnya Anda akan merasa lelah seharian.
2. Sarapan menjaga berat tubuh tetap ideal
            Tidak sarapan pagi atau sarapan pagi dengan makanan ringan akan membuat Anda mudah lapar pada jam 11-an. Jika diteruskan, maka jam biologis nafsu makan akan menjadi tidak teratur dan sulit mengontrol nafsu makan. Dengan demikian asupan nutrisi yang masuk justru sulit dikontrol dan mengakibatkan kegemukan.
3. Sarapan dapat meningkatkan kemampuan otak
            Berbagai riset membuktikan bahwa anak-anak yang rutin sarapan setiap pagi memiliki kemampuan berfikir yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak pernah sarapan pagi. Mengapa? Karena sebagian besar glukosa dan glikogen dalam tubuh telah terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Sementara glukosa adalah bahan bakar yang dibutuhkan oleh otak. Itulah sebabnya mengapa tanpa sarapan pagi, Anda akan merasa mudah lelah dan berkunang-kunang serta tidak fokus.
4. Sarapan sebagai pelindung terhadap penyakit jantung
            Riset menunjukkan bahwa wanita yang tidak sarapan pagi selama dua minggu memiliki kadar kolesterol buruk LDL yang lebih tinggi dibandingkan dengan wnita yang rutin sarapan setiap pagi. Oleh karena itu, sarapan penting untuk menghindari resiko terserang penyakit jantung.
Agar manfaat sarapan pagi dapat benar-benar dirasakan oleh tubuh, berikut ini kami akan membagikan tips sarapan pagi untuk Anda :
  1. Menu sarapan sebaiknya mengandung sekurang-kurangnya 5 gram serat, satu hidangan kalsium (dapat dipenuhi dari segelas susu atau yogurt), ditambah protein dan lemak.
  2. Batasi asupan gula hingga 6 gram (satu sendok makan biasanya setara dengan 4 gram gula)
  3. Roti isi dan susu adalah menu praktis yang dapat dinikmati selama perjalanan ke sekolah, kampus atau lokasi kerja.
  4. Telur rebus juga dapat dipilih sebagai menu sarapan pagi. Kandungn nutrisi pada telur diantaranya adalah vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalium, kalsium, dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.
  5. Agar lebih bervariasi dan segar, tambahkan sayur atau buah favorit ke dalam menu sarapan pagi Anda.
Membiasakan sarapan setiap pagi akan membantu Anda lebih siap menghadapi segala aktivitas seharian. Tubuh akan lebih sehat dan program diet Anda justru akan menunjukkan hasil yang baik.