Saat musim penghujan tiba, serangan berbagai penyakit mulai mengintai. Demam, flu dan diare adalah beberapa contoh penyakit yang biasa menyerang selama musim penghujan. Menjaga kesehatan selama musim penghujan sepertinya lebih sulit dibandingkan dengan musim kemarau. Bagaimana tidak? Coba saja bandingkan berapa sering Anda atau orang di sekitar Anda mengalami gangguan kesehatan di musim penghujan? Tentu lebih sering dibandingkan dengan musim kemarau bukan?
menjaga kesehatan tubuh
Agar tubuh senantiasa terhindar dari berbagai serangan penyakit selama musim penghujan, berikut ini kami akan membagikan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh selama musim penghujan, diantaranya adalah :
1. Bawa pelindung hujan saat bepergian
            Membawa payung atau mantel saat bepergian di musim penghujan adalah keharusan yang tidak boleh ditinggalkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga tubuh agar tidak basah, menggunakan pelindung hujan saat bepergian mampu meminimalisir serangan penyakit.
2. Meningkatkan konsumsi menu sehat
            Saat musim penghujan tiba, sebaiknya persiapkan diri dengan banyak makanan sehat, yaitu makanan yang menganung nutrisi seimbang. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting yang mampu menjaga kesehatan.
3. Cukup air putih
            Saat musim penghujan, mungkin banyak diantara kita yang menjadi malas minum, sebab udara lembab tidak membuat kita mudah haus. Namun perlu diketahui bahwa kurang minum air putih dapat membuka peluang besar terserang berbagai macam penyakit. Untuk itu, walau tidak haus, usahakan tetap minum air putih minimal delapan gelas per hari.
4. Rutin berolahraga dan cukup istirahat
            Jika saat musim kemarau kita dianjurkan untuk rutin berolahraga dan cukup istirahat, maka di musim penghujan aktivitas tersebut menjadi semakin penting dan tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Semakin bugar tubuh tentu semakin sehat bukan? Usahakan untuk rutin berolahraga di pagi hari dan cukup istirahat di malam hari. Jika Anda memiliki waktu senggang di siang hari, maka sangat baik jika Anda manfaatkan untuk beristirahat.
Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tubuh selama musim penghujan yang kami harapkan dapat membantu Anda dan keluarga menghindari berbagai serangan penyakit selama musim penghujan.