Wabah virus Ebola saat ini menjadi krisis kesehatan di dunia. Virus yang berasal dari Afrika ini telah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Ebola menjadi virus yang sangat mengerikan sebab hampir semua penderitanya tidak memiliki harapan hidup.

Mencegah penyebaran virus ini menjadi cara yang paling baik daripada mengobati. Berikut adalah cara paling efektif dan sederhana untuk mencegah penyebaran virus Ebola seperti dilansir dari boldsky.com.

Gunakan cairan pembersih
Mencuci tangan adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh Anda. Agar proses pembersihan lebih maksimal, gunakan cairan pembersih tangan khusus.

Tutup luka
Luka yang terbuka bisa dengan mudahnya terpapar virus dari luar termasuk virus Ebola. Oleh karena itu jika Anda memiliki luka, segera tutup luka tersebut dengan perban.

Jangan mengonsumsi daging kualitas buruk
Virus ebola bisa menular lewat daging merah yang berkualitas buruk. Sehingga jika Anda tidak yakin dengan kualitas daging yang Anda konsumsi, maka sebaiknya jangan mengonsumsinya.

Hati-hati mengonsumsi daging babi
Peternakan babi terutama di wilayah Afrika menjadi salah satu sumber terbesar tumbuhnya virus ebola. Sehingga jika Anda mengonsumsi daging ini, sebaiknya pastikan bahwa daging yang Anda konsumsi bersih dan baik kualitasnya.

Kenakan sarung tangan
Selain menggunakan masker, Anda juga bisa mengenakan sarung tangan untuk mencegah masuknya virus ebola di dalam tubuh. Kenakan sarung tangan terutama jika Anda berada di sekitar pasien ebola.

Hindari perjalanan ke negara yang terserang virus
Menghindari untuk bepergian ke negara yang terserang atau menjadi asal tumbuhnya virus ebola juga merupakan cara terbaik agar Anda terhindar dari virus ini. Jika Anda baru saja mengunjungi negara tersebut, lebih baik jalani masa karantina terlebih dahulu.

Hindari menyentuh sarana umum
Beberapa sarana umum seperti tangga, pintu lift, atau alat bermain di taman umum bisa menjadi tempat berkumpulnya virus. Sehingga jika Anda tidak yakin dengan kebersihan sarana tersebut, sebaiknya jangan menyentuhnya.

Mencegah adalah cara yang paling baik daripada mengobati. Terapkan tips sehat di atas agar Anda dapat terhindar dari virus mengerikan ini.